Mengulik Sejarah dan Perkembangan Baju Gamis di Indonesia


Mengulik Sejarah dan Perkembangan Baju Gamis di Indonesia

Identik sebagai baju lebaran, pakaian ini merupakan baju tradisional khas timur tengah yang biasa dipakai oleh perempuan Arab. Pakaian ini bisa dikatakan baju lengan panjang penutup pakaian utama yang sengaja dibuat agar aurat yang tidak tertutupi pakaian utama, dapat tertutupi. Baju ini sangat akrab dengan negara negara di semenanjung Arab. Pakaian satu ini sangat ramai dicari para wanita di Indonesia. Mari kita ulas sejarah singkat dan perkembangan baju gamis di Indonesia.

Mengintip Sejarah Singkat Baju Lebaran Ini

Awal mula adanya baju ini, dipercaya pada kisaran 4000 tahun yang lalu. Namun, perkembangan baru nampak ketika islam mulai berjaya. Hal tersebut terjadi tepat pada sekitar abad ke 7. Pakaian ini dan jilbab diadopsi dari wanita wanita yang berada di Arab pada abad ke 7. Seiring berjalannya waktu berkembang menjadi busana yang saat ini sering digunakan oleh kaum hawa dimanapun berada.

Dahulu, gagasan penggunaan pakaian tertutup lebih kepada tingkatan sosial daripada agama. Pada zaman dahulu kala, wanita wanita pelacur yang ada di Arab tidak diperbolehkan menggunakan pakaian tertutup ini. Lain halnya dengan para wanita yang berada di kalangan atas. Mereka sangat diperbolehkan dan diperkenankan untuk memakai baju baju gamis yang menutup aurat ini.

Seiring berjalannya waktu, bahwa sesuai dengan syariat islam yang tertulis. Diungkapkan bahwa setiap wanita harus memakai pakaian yang dapat menutupi auratnya. Ada syariat yang menuliskan bahwa wanita harus menggunakan busana ini ketika berhadapan dengan seseorang yang bukan muhrimnya. Dengan begitu, wanita tidak perlu menggunakan baju ini bila berada di depan orang tua, kakek, nenek, dan saudara kandung.

Perkembangannya di Indonesia

Dengan populernya pakaian islam di Indonesia dalam beberapa dekade terakhir ini. Pakaian ini telah menjadi topik yang semakin banyak diminati di antara pemakai pakaian islam. Busana muslim di Indonesia terdiri dari berbagai gaya dan tren yang telah sedikit banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Seperti yang diketahui bahwa, perkembangan fashion yang dikenal gamis ini, di berbagai negara biasanya diikuti dengan budaya atau tradisi lokal.

Seperti baju ini di Indonesia, apabila di Arab biasanya pakaian ini hanya berwarna hitam dan putih. Berbeda dengan negara kita, baju ini memiliki berbagai pilihan warna yang menarik dan mencolok. Bahkan ada berbagai pilihan motif yang sangat indah. Di Indonesia sendiri, para produsen busana ini membuat baju sesuai dengan kebutuhan pasar. Mereka menciptakan berbagai macam kreasi agar pakaian ini tidak terkesan monoton dan tetap terlihat kekinian.

Jenis Jenis Baju Lebaran Ini

Terkenal sebagai baju yang digunakan saat lebaran, sebenarnya pakaian memiliki 3 jenis yang berbeda beda. Ada abaya, tunik, dan gamis. Untuk yang pertama yakni abaya, merupakan busana terusan yang longgar yang hanya diperuntukkan oleh wanita saja. Model dan warnanya pun dibentuk khusus karena memang hanya untuk dipakai para kaum hawa. Sedangkan untuk tunik, adalah busana longgar yang menutupi bagian dada, lengan, hingga kebagian bawah paha.

Dan untuk penjelasan jenis yang terakhir, sebenarnya pakaian ini merupakan baju unisex sehingga dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Yang membedakannya adalah untuk wanita lebih kaya akan warna dan ada berbagai motif. Mulai dari yang elegan, anggun, cantik, dan sebagainya. Sementara untuk pria hanya ada 2 warna yang tersedia, yaitu hanya warna hitam dan putih saja.

Apabila diperhatikan dari penjelasan yang sudah ada, maka budaya berbusana ini di Indonesia sebenarnya diadopsi dari budaya Arab. Selain itu, di Indonesia mayoritas warganya beragama islam. Sehingga dalam anjurannya dan perintah Allah SWT, para wanita muslim diminta untuk menutupi aurat yang ada pada tubuhnya. Tidak perlu takut bila tidak terlihat kekinian. Saat ini sudah banyak para desainer yang menciptakan busana ini dengan gaya lebih modern.


Belum ada Komentar untuk "Mengulik Sejarah dan Perkembangan Baju Gamis di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel